Pages

Ads 468x60px

Rabu, 08 September 2010

Al-Qur'an Sudah Tamat


Kalo mo ngupas tentang ramadhan, ga akan ada habisnya. Terlalu banyak yang bisa dibahas dari bulan yang satu ini. Emang ga kerasa ya, lebaran bentar lagi. Kyanya baru aja puasa kemarin, eh sudah mau lebaran. Tulus dari lubuk hati yang terdalam gua sedih bukan karena liburan udah habis tapi bulan yang penuh berkah dan magfirah ini segera hilang. Gua takut ga bisa menikmatin ramadhan tahun depan. Mudahan kita semua masih diberikan umur bwat ramadhan tahun depan. Amin ya rabbal alamin.

Ngomong-ngomong tentang ramadhan, biasa di setiap tempat di penjuru Indonesia yang beragam macamnya memiliki tradisi yang berbeda. Salah satu tradisi yang menarik ada di Banjarmasin. Tempat dimana gua dibesarin.

Bulan ramadhan adalah bulan bwat kita berpuasa bagi yang menjalankannya. Bukan hanya sekedar menahan lapar dan dahaga juga menahan godaan yang paling besar dan kuat yaitu hawa nafsu. Mulai diterbitkannya fajar hingga terbenamnya matahari.

Setelah berpuasa di siang hari, pada malamnya di isi dengan ibadah yang adanya cuman di bulan ramadhan yaitu ibadah tarawih. Kemudian selesai shalat tarawih dilanjutkan dengan yang namanya Tadarus Al-Qur'an. Tadarusan memang biasanya cuman ada di bulan ramadhan yaitu membaca Al-Qur'an secara bergantian.

Siapa saja boleh ikut, mulai dari anak kecil sampai orang dewasa. Silahkan ikut, biar lebih lengkap ibadahnya ;). Umumnya kegiatan ini dilaksanakan di langgar ato di mesjid-mesjid. Dalam 1 malam membaca Qur'annya 1 juz biar pas tamat dalam waktu 30 hari. 1 x khatam=30 juz. Tapi kalo cman 29 hari, ada 1 hari yang mesti kerja keras. Kira-kira sekitar 1 jam hal ini dilakukan. Ini bukan cuman yang jago ngaji aja lo, yang gua tau di langgar gua langgar Al-Ikhlas namanya, ada juga yang ngajinya terbata-bata tapi dalam 30 hari bisa fasih bacaannya.


Salah satu anak yang sedang mengaji, tapi dia gak tau cara membuka al-qur'an itu, jadi dicium2 aj tuh qur'an.


Tempat anak tadi membaca al-qur'an. Mesjid Sabilal Muhtadin, salah satu mesjid yang ada di Banjarmasin.

Kalo udah sampai malam bwat membaca juz 30, di malam ini bakal rame sama anak-anak dan tokoh-tokoh agama. Mereka duduk berjajar membentuk lingkaran dan membaca Qur'an secara bergantian. Surah yang pertama dimulai dengan surah Ad-Dhuha sampai surah yang terakhir yaitu surah An-Naas.

Nah, yang bikin unik di tengah lingkaran tersebut dihidangkan kue dan telur. Telurnya telur bebek dan kuenya namanya lakatan. Lakatan itu beras ketan yang dimakan dengan inti (nyiur ato kelapa) dan kacang (kacangnya dimasak khas, bukan kacang biasa). Juga ada teh sebagai minumannya. (apapun makanannya minumnya terserah aja). Air putih botolan juga ditaruh ditengah kerumunan massal tadi.

Tujuannya agar makanan dan minuman yang sudah dibacain ayat-ayat bermanfaat untuk tubuh kita. Dan katanya juga bisa nyembuhin penyakit. Waw. Ada yang memang sengaja nyiapain telur bebek berkarung-karung (cuman beberapa butir kok). Ada juga yang hobinya gratisan kaya gua and bapak-bapak yang duduk di sebelah gua. Biasanya yang nyari gratisan tuh anak-anak kecil yang ga punya modal. Karena katanya berkhasiat makanya ada kakek-kakek yang dengan sengaja membawa telur 1 toples bwat di bagiin ke cucunya dan bapak-bapak yang duduk di sebelah gua tadi berebut membawa pulang lakatan. Trus diam-diam bapak-bapak yang duduk sebelah gua tadi kabur dengan wajah tersenyum. "bedehululah", ujarnya dalam bahasa banjar yang berarti "duluan". Kok malah ngomongin bapak-bapak.

Mulailah mengaji dari tokoh agama yang ada di kampung gua. Secara bergantian membaca mulai dari anak kecil yang suaranya kaya cicak kejepit sampai bapak-bapak yang suaranya kaya gitarnya Eric Clapton's Gold Leaf Stratocaster. Setelah tamat dan baca do'a, makanan yang sudah dihidangkan tadi dibagiin bwat mereka yang mengaji. Tapi ada yang sudah mesan minta ambilin tuh telur mereka. Al-Qur'an sudah tamat membacanya. hahaha. Itulah salah 1 tradisi di daerah gua. Ini cuman ada di Banjarmasin lo. I love Banjarmasin. :)

Semoga sebentar lagi dihari yang fitri keadaan kita bersih sebersih bayi yang baru lahir. Mudahan dihapuskan segala dosa kita dan dilipatgandakan amal dan pahala kita. Amin. "Selamat Hari Raya Idul Fitri 1431 Hijriyah". Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir batin. "Hati yang ikhlas, jiwa yang pemaaf, pikiran yang jernih bekal bersosialisasi". Rijalullah Muhammad Qayyum. See yaa...

4 komentar:

  1. good story...

    eh, tp ak pernah umpat tadarusan kd dapat wadai?

    BalasHapus
  2. y kh rob?
    beda km d wadah ku th.. sdah ada anggarannya..
    tiap tadarus pasti ada wadai.. hahaha..
    apalagi pas betamatannya.. wkwkw..

    BalasHapus
  3. iih bujuran...

    coz habis duluan wadainya (terang bulan)... wkwkwkw

    BalasHapus
  4. terang bulan rutin.. haha..
    martabak sesekali..
    masukan sudah te..
    hiks..

    BalasHapus